My Adventure


Friday, October 8, 2010

Masalah.......

Dalam kehidupan, baik sejak kita lahir sampai detik ini tanpa kita sadaripun pasti kita tidak lepas dari masalah....
Ada atau tidaknya masalah, itu hanya sebuah pilihan. Pilihan untuk tidak terlalu larut dalam masalah atau sebaliknya.
Terkadang ketika kita menghadapi masalah, pikiran menjadi kalut. Bimbang memikirkan jalan keluar dari masalah itu sendiri. Sampai tak terasa waktu yang kita buang untuk itu cukup lama, hingga bisa jadi lupa dengan tugas dan tanggung jawab kita untuk urusan yang lain.
Masalah bisa muncul terkadang karena tingkah polah kita sendiri. Seperti tulisan saya sebelumnya 'Hilang', bisa jadi karena kita kurang waspada. Bisa jadi juga kita tidak bisa memisahkan atau memilah-milah mana hal yang harus diselesaikan dahulu dan mana yang tidak. Manajemen berfikir seperti ini mungkin memang akan bisa kita lakukan saat kita sepenuhnya sadar, tapi jika sebaliknya saat pikiran kita kalut maka akan susah untuk berfikir lebih bijak.
Alangkah baiknya, setiap masalah yang muncul, mampu kita sikapi dengan baik. Tentunya juga dengan pertimbangan yang matang, dalam arti tidak terburu-buru. Selain itu, kita juga harus tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik. Apabila kita sudah memberikan keputusan final dan hasilnya tidak memuaskan. Tentunya harus kita terima dengan lapang dada, mungkin memang penyesalan pasti ada. Namun jangan menjadi beban yang berkepanjangan hingga menimbulkan masalah baru. Harus benar-benar diterima dan diambil hikmahnya, toh kita juga sudah berusaha semaksimal mungkin. 


Manusia Merencanakan, Tuhan Menentukan...... ^^



(mar)




No comments:

Post a Comment