My Adventure


Monday, October 4, 2010

Hilang ???

"Hilang ?!?!?!?"

Hilang merupakan satu kata yang kita gunakan jika kita memiliki barang, benda, atau sesuatu yang sebelumnya ada, namun secara tiba-tiba 'ajaib' entah berada dimana. Dalam beberapa hal, jika kita kehilangan rasa lapar, pasti senang karena tergantikan dengan rasa kenyang. Apabila kita kehilangan suatu benda, terlebih lagi jika benda itu sangat kita butuhkan, pasti kita merasakan penyesalan yang dalam. Semakin barang itu ber'harga' maka semakin kita merasa kehilangan. Ber'harga' dalam arti memang secara ekonomi harganya mahal, ber'harga' karena kita dapatkan barang tersebut dari orang tersayang, terlebih lagi kenang-kenangan dari orang yang telah meninggalkan kita.
Kata "hilang" memang membuat perasaan jadi kacau. Kacau dalam berkonsentrasi karena memikirkan segala kemungkinan 'koq barang itu bisa hilang?'. Kacau memikirkan segala kemungkinan 'bagaimana dan kapan barang itu hilang?'. Kacau memikirkan segala kemungkinan 'dimana barang itu hilang?' juga 'siapa yang menemukan barang itu? atau adakah yang mencurinya?'
Nah! Itu dia, segala kemungkinan banyak dan semuanya bisa terjadi.
Apa memang lagi 'apes'?
Apa memang kurang ber'amal'?
Apa memang kurang waspada?
Apa memang lingkungan tidak aman?
Apa memang ada yang sudah lama mengincar barang milik kita?

Ehm, pikiran positif dan negatif terus beradu. Saat kehilangan, pikiran benar-benar kacau. Rasa marah, kecewa, sedih, gelisah, bingung terus bercampur aduk. 
Bagaimana mengatasinya ???
'Ikhlas' adalah pilihan yang tepat, pikiran menjadi lebih ringan, kita juga bisa lebih fokus pada apa yang kita kerjakan. Satu kata ini memang pas, namun yang namanya teori pasti beda dengan praktek....
Prakteknya, kita tetap akan kepikiran... Yah! manusiawi... Wajar...
Namun, Bagaimana rasanya ketika barang kita yang tadinya hilang tiba-tiba ketemu?
Wah!!! Rasanya seperti mendapat durian runtuh, hehehe....
 
Suatu pagi, saya mendapat sms dari nomor yang tidak dikenal. Setelah saya baca, ternyata sms itu dari adik saya yang baru saja kehilangan HP. Saya kaget, mau marah tapi yang namanya barang hilang ya gimana lagi..... Kalau saya marah justru akan buang-buang energi, pikiran positif dan negatif terus beradu. Tidak bisa fokus, dan pikiran lari kemana-mana. Siang itu juga, saya langsung ke tempat adik saya menanyakan bagaimana kronologis kejadiannya. Adik saya baru saja kost kurang lebih tiga bulan dan baru beberapa hari lalu teman satu kost'nya kehilangan 'laptop, dompet, jam tangan' yang ditaksir total kehilangan senilai 10 juta'an. Mungkin peristiwa inilah yang membuat adik saya sekaligus teman dan ibu kost panik, ditambah peristiwa kehilangan HP adik saya. Sampai pada sore harinya, adik saya dan saya mencoba mecari kembali HP yang 'siapa tahu ngga hilang, mungkin terselip'.
Kami tidak 'pasrah' mencoba berusaha karena pasti kami yakin banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Tidak lama setelah mencari, akhirnya ketemu!!! Nah, inilah yang saya sebut durian runtuh. Rasanya ajaib! Mungkin kehilangan sesuatu adalah sebuah peringatan bagi kita.
Peringatan untuk lebih teliti....
Peringatan untuk lebih waspada, dan ....
Peringatan untuk lebih menghargai apa yang kita punya.... ^^

(mar)


No comments:

Post a Comment